Kandungan Bakteri

Bakteri yang ada dalam produk KlineL.

Bacillus Stearothermophilus

Bakteri ini dapat berkembang dalam suhu 30-75°C. pengaruh suhu sangat signifikan mengingat Indonesia berada di daerah tropis. Bakteri ini juga sering digunakan di dunia peternakan  karena dapat menghidrolisis tepung  sehingga dapat meningkatkan pencernaan tepung pada  babi dan unggas.

 

Azotobacter

Azotobacter merupakan bakteri gram negatif  dan aerobic. Bakteri ini memegang peranan penting dalam siklus nitrogen di alam bebas. Pertumbuhan optimal pada pH 7.0-7.5 akan tetapi  pertumbuhan juga dapat terjadi pada range pH 4.8-8.5. Azotobacter berkembang baik pada suhu  20-30°C.

Azotobacter juga mensintesa beberapa substansi biologis termasuk phytohormones seperti auxins yang menstimulasi pertumbuhan tanaman, bakteri ini juga memfasilitasi mobilitas logam berat di dalam tanah dan meningkatkan proses bioremediasi tanah dari logam berat seperti cadmium, mercury dan timah.

Bakteri ini banyak digunakan di pertanian, biasanya untuk biofertilizer nitrogen. Azotobacter juga digunakan untuk pembuatan antacid karena bakteri ini memroduksi alginic acid. Dalam industry makanan Azotobacter juga dapat digunakan sebagai zat adiktif pada ice cream, pudding dan cream.

Bacillus subtilis

Bacillus subtilis  adalah bakteri gram positif dan aerob. Bacillus dapat melakukan biodegradasi karbohidrat dan protein. Bakteri ini dapat bertahan  dalam keadaan kekeringan (musim kemarau), salinitas tinggi, pH yang extrem, radiasi maupun dilarutkan dalam pelarut.

Dalam dunia peternakan, bakeri Bacillus subtilis ini digunakan untuk mengurangi viskositas pencernaan pada unggas, menggurangi efek anti nutrisional pada NSP, mengurangi solibilitas NSP dalam pencernaan, meningkatkan pencernaan hemicellulosa pada makananan, meningkatkan nilai energi pada makanan, mengurangi kekentalan ekskreta pencernaan pada unggas karena kemampuannya menghidrolisis hemicellulosa dan  tepung pada pakan ternak.

Micococcus

Micrococcus dapat berkembang baik  dalam sedikit air maupun dalam konsentrasi garam yang tinggi. Bakteri ini dapat melakukan detoxifikasi dan biodegradasi beberapa pollutant dalam lingkungan.

 

 

Saccharomyces cerevisiae

Saccharomyces dapat menggunakan ammonia dan urea untuk sumber nitrogennya. Bakteri ini juga dapat menggunakan asam amino, peptide dan nitrogen sebagai sumber nitrogen.

 

 

Staphylococcus epidermidis

Bakteri ini termasuk dalam genus Staphylococcus  yang bersifat lipolitik (degradasi  lemak).

 

Contact Us